USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DAN DOKTER KECIL

Oktober 16, 2008 at 7:56 am (Sekilas Info) (, , )

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan bagian dari program kesehatan anak usia sekolah. Anak usia sekolah adalah anak yang berusia 6 – 21 tahun, yang sesuai dengan proses tumbuh kembangnya dibagi menjadi 2 sub kelompok, yakni pra remaja (6-9 tahun) dan remaja (10-19 tahun).1

Pelayanan kesehatan pada UKS adalah pemeriksaan kesehatan umum, kesehatan gigi dan mulut siswa SD dan setingkat melalui penjaringan kesehatan terhadap murid kelas 1 Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan bersama dengan guru UKS terlatih dan dokter kecil secara berjenjang (penjaringan awal oleh guru dan dokter kecil, penjaringan lanjutan oleh tenaga kesehatan).2

Salah satu kegiatan untuk membina dan mengembangkan UKS adalah dengan mengadakan Lomba Cerdas Tangkas Dokter Kecil. Dokter Kecil adalah siswa yang dipilih guru untuk melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga, dan lingkungan sekolah.

1. Program Usaha Kesehatan Sekolah ( UKS ) 1

a. Pengertian

Usaha Kesehatan Sekolah ( UKS ) merupakan bagian dari program kesehatan anak usia sekolah . Anak usia sekolah adalah anak yang berusia 6-21 tahun , yang sesuai dengan proses tumbuh kembangnya dibagi menjadi 2 subkelompok yakni pra remaja ( 6-9 tahun ) dan remaja ( 10-19 tahun ).

Program UKS adalah upaya terpadu lintas program dan lintas sektoral dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan serta membentuk perilaku hidup bersih dan sehat anak usia sekolah yang berada di sekolah dan Madrasah Ibtidaiyah.

b. Tujuan UKS

- Tujuan umum

Meningkatkan kemampuan perilaku hidup bersih dan sehat, dan derajat kesehatan siswa serta menciptakan lingkungan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal

-Tujuan khusus

Memupuk kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat dan meningkatkan derajat kesehatan siswa, yang mencakup :

1. Memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melaksanakan prinsip hidup bersih dan sehat serta berpratisipasi aktif di dalam usaha peningkatan kesehatan di sekolah perguruan agama, di rumah tangga maupun di lingkungan masyarakat.

2. Sehat fisik, mental maupun sosial.

3. Memiliki daya hayat dan daya tangkal terhadap pengaruh buruk penyalahgunaan NAPZA.

2. Program Dokter Kecil 1

a. Pengertian

Dokter kecil adalah siswa yang memenuhi kriteria dan telah terlatih untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya.

b. Tujuan

- Tujuan umum

Meningkatnya partisipasi siswa dalam program UKS

– Tujuan Khusus

1. Agar siswa dapat menjadi penggerak hidup sehat di sekolah,di rumah dan lingkungannya.

2. Agar siswa dapat menolong dirinya sendiri, sesama siswa dan orang lain untuk hidup sehat.

c. Kriteria peserta :

1. Siswa kelas 4 atau 5 SD atau MI dan belum pernah mendapatkan pelatihan dokter kecil.

2. Berprestasi sekolah

3. Berbadan sehat.

4. Berwatak pemimpin dan bertanggung jawab.

5. Berpenampilan bersih dan berperilaku.

6. Berbudi pekerti baik dan suka menolong.

7. Izin orang tua

d. Tugas dan kewajiban dokter kecil

1. Selalu bersikap dan berperilaku sehat.

2. Dapat menggerakkan sesama teman-teman siswa untuk bersama-sama menjalankan usaha kesehatan terhadap dirinya masing-masing.

3. Berusaha bagi tercapainya kesehatan lingkungan yang baik di sekolah maupun di rumah.

4. Membantu guru dan petugas kesehatan pada waktu pelaksanaan pelayanan kesehatan di sekolah.

5. Berperan aktif dalam rangka peningkatan kesehatan ,antara lain : Pekan kebersihan, Pekan Gizi, Pekan Penimbangan BB dan TB di sekolah, Pekan Kesehatan Gigi, Pekan Kesehatan Mata, dan lain-lain.

e. Kegiatan dokter kecil

1. Menggerakkan dan membimbing teman melaksanakan.

a. Pengamatan kebersihan dan kesehatan pribadi.

b. Pengukuran Tinggi Badan dan Berat badan.

c. Penyuluhan Kesehatan.

2. Membantu petugas kesehatan melaksanakan pelayanaan kesehatan di sekolah , antara lain :

a. Distribusi obat cacing, vitamin dan lain-lain.

b. Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

c. Pertolongan Pertama Pada Penyakit.

3. Pengenalan dini tanda-tanda penyakit.

4. Pengamatan kebersihan Ruang UKS , warung sekolah dan lingkungan sekolah.

5. Pengamatan kebersihan di sekolah separti halaman sekolah, ruang kelas , perlengkapan, persediaan air bersih, tempat cuci, WC,kamar mandi, tempat sampah dan saluran pembuangan termasuk PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk).

6. Pencatatan dan pelaporan, antara lain Buku harian Dokter Kecil.

7. Melaporkan hal-hal khusus yang ditemuinya kepada guru UKS / Kepala Sekolah / Guru yang ditunjuk.

Dokter Kecil SDN Suwawal 06, Jepara (April 2008)

SUMBER

  1. Depkes RI. Pedoman, Modul dan Materi Pelatihan ”Dokter Kecil”.Jakarta.2001.Hal. 7-13
  2. Depkes RI. Petunjuk Teknis Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan Di Kabupaten/Kota. http://bankdata.depkes.go.id

About these ads

49 Komentar

  1. Mr.bandar said,

    kirimin gambar donk… buat di UKS

  2. Sri Subardana said,

    Berikan materi tentang uks dan dokter kesil

  3. HANS said,

    KURANG BANYAK INFORMASI TENTANG KESEHATANNYA

  4. dokterkecil said,

    Untuk Mr.bandar (kirimin gambar donk… buat di UKS) :
    Gambar apa ya Pak? Kalau bisa saya carikan, bisa saya kirimkan ke mana?

    Untuk Sri Subardana (Berikan materi tentang uks dan dokter kesil) :
    Kira-kira (contohnya) materi seperti apa yang dimaksud?

    Untuk HANS (KURANG BANYAK INFORMASI TENTANG KESEHATANNYA) :
    Terimakasih banyak atas masukannya…
    Saya akan berusaha menambah informasi tentang kesehatannya agar seimbang dengan jumlah informasi seputar dunia kedokteran.

    Terima kasih atas kritik dan saran yang telah diberikan…

  5. ibdaffa said,

    poster dan perlengkapan apa saja yang harus ada di ruang uks

  6. Relly A. said,

    Bisa minta tolong nggak? Kalo punya materi-materi dasar tentang pelatihan UKS/UKGS, misalnya P3K atau lainnya, kirimkan buat saya donk!

  7. Bams said,

    boleh donk’ kirimin artikel tentang 7 K , 9 K or yang laennya….
    lagi perlu buat referensi, ditunggu ya ….. emailx…

  8. sarie said,

    Minta standar baku UKS baik fisik maupun laporannya,thanks

  9. dokterkecil said,

    Mohon maaf…

    Mengenai UKS dan Dokter Kecil, pengetahuan saya sangat terbatas.
    Bahan-bahan yang saya gunakan dalam artikel ini saya dapatkan sewaktu praktek di Puskesmas dan kebetulan mengadakan Pembinaan Dokter Kecil.
    Jadi, mohon maaf sekali lagi karena saya tidak bisa banyak membantu untuk menyediakan bahan2 atau referensi lain.

    Terimakasih…

  10. sumbodo said,

    aww..tolong donk saya dikirimi modul dan materi pelatihan dokter kecil,karena anak saya mau ikutan lomba dokter kecil,terima kasih banyak..www

  11. mutia said,

    kirimkan gambar dunk. . . .
    tntng UKS . . .

  12. lenny said,

    jadi inget masa dulu waktu SD … :)

  13. Agus Supriatna said,

    hallo..
    cari info dokter kecil neeh….
    aku butuh to ekskul anak-anak..

  14. Maria T R said,

    Hay…..
    Saya membutuhkan banyak info tentang dokter kecil
    siapa bisa bantu ?Kegiatan apayang menarik sehingga bisa menarik minat anak untuk
    ikut program dokter kecil. TQ

  15. eko nur baskoro said,

    di cimahi perlu diberikan sekali penyuluhan uks setiap tahun

  16. Saharuddin,S.Pd said,

    sangat baik untuk tukar informasi antar sekolah, mkasaih SAUDARA2KU !

  17. edy sudyono (UIR) PKU said,

    makasi boss atas info-ny..
    dengan ini tugas kulyh kami cukup tebantu,,

  18. dokterkecil said,

    Terimakasih juga.. Senang bisa ikut membantu.. (^_^)

  19. unik said,

    materinya diperbanyak donk…
    misalnya imunisasi, kesehatan lingkungan, jamban sehat, gizi, air bersih, dll
    o..ya minta doanya juga, besok kamis 11 januari 2010 kita ada cc dokter kecil. moga kami mendapat yang terbaik. Amin

  20. dokterkecil said,

    @Unik: Ya..saya ikut mendoakan yang terbaik.. Amin.
    Terimakasih banyak atas masukannya.. (^_^)

  21. antika said,

    apa sih pendapat u ttg pentingnya kesehatan???
    Kegiatan Dokter Kecil mang sanat memberi pengalaman yg buanyak…

  22. Andi farimanto said,

    Nice blog. Itu ada foto dokter kecil di suwawal. Jadi kelingan aku pernah pbl di pusk mlonggo tahun 97 an saat koas fk undip ,dilatih dokter nurkukuh.

  23. bq dewi sa said,

    pengen banget tahu lebih banyak ttg uks..terutama cara buat ngajakin sekolah sekolah biar mau berubah dan mensikapi bahwa uks itu penting an bukan hanya tugas puskesmas aja,,,,,kasi saran yaa plus info strategi dibanyakin soale aku binun ttg hal ini

  24. Luthfan Zaky said,

    bisa minta tolong kirimin materi dokter kecil

  25. Dilla said,

    Tambahkan foto-foto sekolah yang berhasil mengembangkan UKS yang siswanya aktif- promotif, kreatif-inovatif dalam meningkatkan kesehatannya serta menularkan kepada masyarakat di sekitarnya. Di sisi lain, guru-gurunya mampu mengelola dan membina siswanya. perlu banget contohnya nih. Kalau ada kerangka kerjanya untuk dikembangkan di Kabupaten kami. Trims

  26. ferdo said,

    tolong dong apa komitment dan motto uks secara nasional..
    trims ya..

  27. uti said,

    Informasinya Msih KranG toLong D’bnyaKIn Dunk…..
    biaR lbiH tw Bnyak……!!

  28. agus sukyanto said,

    Makasih banyak. sangat informatif

  29. dokterkecil said,

    Mohon maaf…

    Untuk saat ini saya hanya dapat memaparkan gambaran secara umum saja tentang UKS & Dokter Kecil.
    Mengenai UKS dan Dokter Kecil ini, pengetahuan saya sangat terbatas.
    Bahan-bahan yang saya gunakan dalam artikel ini saya dapatkan sewaktu praktek di Puskesmas dan kebetulan mengadakan Pembinaan Dokter Kecil.
    Jadi, mohon maaf sekali lagi karena saya tidak bisa banyak membantu untuk menyediakan bahan2 atau referensi lain.

    Terimakasih…

  30. tila said,

    ha ha foto na lucu….

  31. kaysa said,

    tolong donk minta materi&modulnya saya mau ikutan dokter kecil…
    terimakasih:]

  32. Blogquest 2: Permasalahan Gizi di Indonesia « Madrasah said,

  33. Nodocchan said,

    Aku dokter kecil!! Berguna banget, nih! Trims, yaaa!!!

  34. yants said,

    Tolong dong… Dinkes dan Diknas kompakan biar program UKS sinergis…. juga para stakeholdernya utk backup dananya….. tks

  35. dokterkecil said,

    Terimakasih atas masukannya… Mudah-mudahan pihak Dinkes dan Diknas membaca komentar Anda.

  36. Mr. Ewod said,

    Mudah2an bermanfaat bagi yang memerlukan referensi dan bagi yang ingin menambah wawasan mengenai UKS dan dokter kecil, bisa mengunjungi website Kementerian Kesehatan masuk ke Sub Direktorat Anak, mudah2an ketemu dengan UKS dan dokcilnya,

    Selamat mencoba

    Semngat selalu buat UKS dan Dokcilnya

  37. dokterkecil said,

    Terimakasih atas komentar dan masukannya…
    Sebagai tambahan untuk referensi mengenai UKS, bisa dicoba untuk membuka link ini:
    http://digilib.unnes.ac.id/gsdl/collect/skripsi/archives/HASH018f/6e200626.dir/doc.pdf
    Sementara itu saja yang baru saya temukan. Jika nanti saya menemukan link lainnya, akan saya cantumkan pula di sini.
    Terimakasih.

  38. Master Art Of Real/Romance Socializing said,

    seharusnya di balikpapan ada dokter kecil setiap bulan di sd latihanYBBSU
    di jl.Telagasari No. 10 Rt 31 BALIKPAPAN 76111 Telp. 0542 – 422565

  39. dewi said,

    bisa minta contok struktur uks ga ????

  40. dava chimpunks said,

    saya sbg dokter kecil sgt berterima ksh kpd bpk n ibu guru sekalian yg sdh mndidik saya selama mnjadi dr kecil

    thanks

  41. emy.santoso said,

    waaahh… ternyata rame jg yg tertarikpada program Dokcil…
    buat yg butuh info, modul, materi dll ttg Dokcil khususnya, dan UKS umumnya, di Dinas Kesehatan Kab/Kota semua tersedia.
    alhamdulillah, dr Kementrian Kesehatan petunjuk teknis & pedoman serta modul telah lengkap, termasuk Panduan bagi Guru hingga tingkat lanjutan.
    maju terus Dokter Kecil Indonesia….!!!

  42. vina juliana said,

    ternyata UKS itu penting sekali bagi tiap sekolah,,,

  43. Ela Murtala said,

    pengen bangeeet punya uks di sekolah taman kanak-kanak di lingkungan tempat tinggal ku minta info dong…. lebih terpirinci lagi apa2 yg di butuh kan jika kita ingin bembuat uks tinggkat TK kebetulan sy pengurus di yys tersebut….thanks ;-))

  44. kinantinur said,

    Seru banget jadi dokter kecil

  45. nabilla ardiani said,

    wow!!!!!! aku sangat senang karena bisa memper banyak teman,bisa memper banyak pengetahuan;I like is???????????????????

  46. Ayi Zainul Hikayat said,

    Gabung di dr kecil untuk pengembangan sekolah

  47. erik, pkl said,

    minta info soal-soal lomba dokter kecilnya….

  48. rahmitalitha said,

    [...] USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DAN DOKTER KECIL [...]

  49. jason said,

    Lomba dan orientasi dokter kecil di pkp 12juni-13juni 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 28 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: