KONSEP DASAR GIZI SEIMBANG

Maret 24, 2010 at 1:17 am (Sekilas Info) (, , , )

Untuk hidup dan meningkatkan kualitas hidup, setiap orang memerlukan 5 kelompok gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral) dalam jumlah cukup, tidak berlebihan atau kekurangan. Di samping itu, manusia memerlukan air dan serat untuk memperlancar berbagai proses faali dalam tubuh.

Secara alami, komposisi zat gizi setiap jenis makanan memiliki keunggulan dan kelemahan tertentu. Beberapa makanan mengandung tinggi karbohidrat, tetapi kurang vitamin dan mineral. Sedangkan beberapa makanan lain kaya vitamin C, tetapi miskin vitamin A.

Selain itu, terdapat saling ketergantungan antar zat gizi. Misalnya penyerapan optimum dari vit. A membutuhkan bantuan lemak, dan penyerapan optimum dari zat besi (Fe) memerlukan vit. C.

Makan makanan yang beraneka ragam menjamin terpenuhinya kecukupan sumber zat tenaga, zat pembangun, dan zat pengatur.

CONTOH MAKANAN SUMBER ZAT TENAGA :

  • Padi-padian (beras, jagung, gandum)
  • Umbi-umbian (ubi kayu, ubi jalar, kentang)
  • Tepung-tepungan (roti, mie, pasta)
  • Minyak, margarin, santan

CONTOH MAKANAN SUMBER ZAT PEMBANGUN :

  • Nabati : kacang-kacangan, tempe, tahu
  • Hewani : daging, ayam, ikan, telur, susu dan hasil olahannya (keju, dll)

CONTOH MAKANAN SUMBER ZAT PENGATUR :

  • Buah dan sayur-sayuran.

13 PESAN DASAR GIZI SEIMBANG :

  1. Makanlah aneka ragam makanan.
  2. Makanlah makanan untuk memenuhi kecukupan energi.
  3. Makanlah makanan sumber karbohidrat setengah dari kebutuhan energi.
  4. Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai seperempat dari kebutuhan energi.
  5. Gunakan garam beryodium.
  6. Makanlah makanan sumber zat besi (bahan pangan hewani, kacang-kacangan, sayuran hijau tua).
  7. Berikan ASI saja kepada bayi sampai berumur 4 bulan (ASI eksklusif).
  8. Biasakan makan pagi.
  9. Minumlah air bersih, aman dan cukup jumlahnya (minimal 8 gelas/hari atau 3 liter/hari).
  10. Lakukan kegiatan fisik dan olahraga secara teratur (3 – 4 x/minggu, @ 45 menit).
  11. Hindari minuman beralkohol.
  12. Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan (bebas pengawet pewarna).
  13. Bacalah label pada makanan yang dikemas.

INGAT !!!

Gizi seimbang dan gaya hidup sehat membantu mencegah masalah gizi kurang (gangguan akibat kurang iodium, anemia, kurang Vit. A dan kurang energi-protein) maupun gizi berlebih yang menjadi sumber penyakit jantung koroner, diabetes, asam urat dan hiperlipidemia.

1 Komentar

  1. I KK SUTEJA,SKM said,

    kegiatan promotif ttg GIZI dilapangan harus ditingkatkan terutama pada pelajar mulai SD,SMP dan SMA. sbb banyak makanan/minuman menggunakan pemanis dan pewarna buatan serta pengawet berbahaya yg di jual dikantin maupun di pintu – pintu gerbang sekolah, para siswa hanya tau menarik, enak dan manis tp tdk tau danpak buruk thd kesehatannya. INi TUGAS SIAPA ? ? tentunya tugas kita semua.,, jangan cuma menjadi tugas dinas kesehatan ( kalo didesa ya PUSKESMAS ) tp orang tuaa guru-guru dan masyarakat sekolah umumnya harus juga berperan…biar generasi kita sehat dan cerda. tabe……….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: